AlJihad Sabiluna

Tuesday, May 20, 2008

Hamas: Bola Gencatan Sekarang di Lapangan Israel

Gaza – Infopalestina (20 mei 2008) : Jurubicara Gerakan Perlawanan Islam Hamas Fauzi Barhum menyatakan bahwa "bola" saat ini ada di lapangan Zionis Israel setelah Palestina menyambut seruan Mesir untuk melakukan gencatan senjata. Barhum menegaskan bahwa realita tidak membuat optomis dengan jawaban positif dari Zionis Israel.

Dalm pernyataan pers, Senin (19/05) Barhum mengatakan bahwa Israel sekarang harus menyambut inisiatif Mesir setelah faksi-faksi menyambut inisiatif tersebut dengan syarat pembebasan blokade atas Jalur Gaza dan pembukaan gerban Rafah serta penghentian agresi ke wilayah Palestina. Ini berarti bola sekarang berada di lapangan penjajah Israel.

Barhum mengisyaratkan bahwa utusan yang dipimpin Wakil Ketua Biro Politik Hamas Dr. Musa Abu Marzuq bertolak ke Kairo, disamping utusan dari Jalur Gaza yang dipimpin Dr. Mahmud Zehar. Perhatian gerakan ini merupakan upaya untuk menyukseskan usaha yang dilakukan pihak Mesir terhadap gencatan senjata.

Dia menambahkan, “Namun realita di lapangan baik di Jalur Gaza maupun di Tepi Barat adalah pembantaian, pembunuhan, penculikan dan pendudukan. Dan bahkan semua pernyataan orang-orang Israel adalah siap untuk melancarkan perang terhadap Hamas. Tidak mungkin melandaskan pada masalah ii, harus menunggu dan mendengar apa yang dibawa Mesir seputar gencatan senjata agar jelas sikap Hamas.”

Dia menegaskan bahwa pengalaman masa lalu dengan Israel menunjukan bahwa penjajah ini sama sekali tidak pernah komitmen dengan gencatan senjata. Bahkan setelah dicapai gencatan senjata Israel pernah membunuh 75 warga Palestina dalam jangka waktu satu bulan! Menurutnya, apa yang dilakukan Hamas saat ini semata-mata untuk merespon upaya dan tuntutan Mesir, selain demi kepentinga rakyat dan bangsa Palestina. Allahu Akbar!!!

No comments: