AlJihad Sabiluna

Wednesday, March 26, 2008

Pemerintah Mesir Larang Pemimpin Hamas Masuk Negaranya

Damasyqus-Infopalestina (26/03-2008): Sumber koresponden Kairo menyebutkan, pihak keamanan Mesir tidak memberikan izin bagi pemimpin Hamas, Muhammad Nazal memasuki negeri tersebut untuk menghadiri KTT Kairo Ke Enam yang diadakan Kelompok Negara Anti Penjajahan Amerika dan Israel. Menurut jadual acara ini akan diadakan Kamis s/d Ahad (27 s/d 30 Maret 2008).

Pihak keamanan tidak mau menjelaskan secara detail sebab pelarangan ini. Mereka mengisyaratkan, pelarangan ini terkait kebijakan politik Mesir teruatama setelah operasi militer Hamas di Jalur Gaza pada 24 Juni 2007 lalu.

Pemerintah Mesir tidak mengizinkan siapapun dari Hamas melakukan kegiatan politiknya di Mesir. Bahkan mereka sempat memblokade kedatangan Pemimpin Hamas, Kholid Misy’al bersama sejumlah delegasinya di Kairo pada penghujung bulan Januari lalu, dengan mengeliminir mereka dari media. Delegasi Hamas dilarang melakukan kontak dengan media manapun atau melakukan pembicaran dengan tokoh politik Mesir.

Perlu disebutkan di sini, pemerintah Mesir sebelumnya meminta Nazal meninggalkan Kairo pada 13 Juli 2006, ketika ia berkunjung secara resmi dan melakukan pembahasan dengan sejumlah pejabat Mesir untuk membahas tawanan Israel, Giladh Shalit. Mesir berkilah permintaan demi keamanan dan keselamatan Nazal di Mesir paska penangkapan dua serdadu Israel di sebelah selatan Libanon pada 22 Juli 2006 lalu, bersamaan dengan pertemuan Nazal dengan sejumlah pejabat Mesir lainya. (asy)

Allah Hafidz...

No comments: