AlJihad Sabiluna

Friday, June 27, 2008

Hingga Hari ini Israel Masih Tutup Perlintasan

Al-Quds-Infopalestina (27 juni 2008) : Pemerintah Israel putuskan lanjutkan tutup pintu-pintu perlintasan untuk ketiga harinya paska persetujuan gencatan senjata. Sebelumnya sebagian pintu perlintasan sempat dibuka namun tidak berlangsung lama.

Sementara itu, sumber media Israel menyebutkan hari ini (27/6), pengelola keamanan pemerintah telah melakukan survey di lapangan Kamis (26/6) dan memutuskan akan tetap menutup pintu-pintu perbatasan dengan Gaza, setelah sepekan berlalunya gencatan senjata.

Pemerintah Israel beralasan, keputusannya ini terkait tembakan dua roket perlawanan ke sebelah utara Gaza. Sementara faksi-faksi Palestina menegaskan, pihaknya tetap komitmen dengan semua perjanjian gencatan senjata. Adapun penembakan terakhir kemarin dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang bukan anggota kesepakatan nasional Palestina.

Dalam kaitan ini, sumber Israel yang melansir ungkapan para politisi Israel menyebutkan, sepertinya masa gencatan senjata akan segera berakhir, hanya tinggal menunggu waktu saja, ungkapnya.

Seperti dinyatakan Wakil I Perdana Menteri Israel, Hayem Ramon, dirinya mengajak pemerintah Israel untuk meninjau kembali kesepakatan gencatan senjata. Dalam penjelasanya di depan menlu Norwegia tadi malam, Ramon merngatakan, jika Israel tidak segera menutup pintu-pintu perlintasan atau tidak menggelar operasi militer, maka kita akan saksikan roket-roket Qossam, kembali berterbangan di wilayah permukiman Israel, ungkapnya.

Sebelumnya, Menlu Israel, Tzipi Livni mengungkapkan, Israel harus segera menanggapi serangan roket-roket Palestina.(asy)

No comments: