AlJihad Sabiluna

Friday, June 27, 2008

24 Gugur Syahid dalam 24 hari

Brussel/Gaza – Infopalestina (26 juni 2008): Blokade kejam terhadap Jalur Gaza hingga kini sudah menelan korban 190 orang. Sejak Mei lalu, jumlahnya disimpulkan bahwa setiap hari seorang meninggal karena blokade.

Data yang dihimpun oleh Aksi Eropa Anti Blokade Gaza yang bermarkas di Brussel mengisyaratkan bahwa 24 korban dari pasien Palestina sebagiannya anak-anak meninggal dunia dalam 24 hari di bulan Juni ini atau antara 1 hingga 24 Juni akibat tidak ada pasokan obat-obatan dan dilarang oleh Israel bepergian ke luar negeri untuk berobat.

Laporan menegaskan bahwa sejak awal blokade Juni 2007, korban gugur sudah mencapai 195 orang dari 1500 pasien yang sakit dengan kondisi kesehatan yang akut.

Aksi Eropa menegaskan bahwa dalam pendataan bulanan menegaskan bahwa 32 pasien Palestina, sepertiganya adalah anak-anak dan balita. Di bulan Mei terjadi peningkatan korban blokade, sama dengan di bulan April yang menelan 12 orang meninggal.

Aksi Eropa mengingatkan bahwa meningkatnya korban blokade akan mengancam korban yang lebih banyak. Disamping itu akan menyebabkan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza.(bn-bsyr)

No comments: